Assalamualaikum...........
… Grafika Komputer: Konversi Scan …
Konversi Scan (Scan Conversion) merupakan sebuah teknik untuk mengubah vertikal / horizontal frekuensi scan dari sinyal video untuk tujuan dan penerapan yang berbeda. Perangkat (alat) yang melakukan konversi ini disebut scan converter. Pengaplikasian dari konversi scan mencakup hal yang luas seperti: proyektor video, peralatan cinema, kartu TV dan video capture, televisi standar dan televisi high definition (HDTV), monitor LCD, dan berbagai aspek gambar serta pemrosesan video. Mekanisme dan metode dalam konversi scan melibatkan perubahan informasi gambar (data rate) dan pembungkus gambar baru pada sinyal sinkronisasi yang sesuai.
Ada dua metode yang digunakan dalam mengubah data rate gambar: Metode Analog, yakni metode yang bersifat non-retentive, memory-less atau real time. Dengan metode ini, konversi dilakukan dengan menggunakan sejumlah besar delay cell dan cocok digunakan untuk video analog. Metode yang kedua yakni: Metode Digital yang bersifat menyimpan (buffered). Dengan metode ini, gambar disimpan dalam buffer garis atau bingkai dengan kecepatan n1 (data rate) dan dibaca dengan kecepatan n2, beberapa teknik pengolahan gambar dapat diaplikasikan jika gambar disimpan dalam memori buffer termasuk jenis interpolasi dari perbandingan sederhana ke perbandingan cerdas, deteksi gerakan dan untuk meningkatkan kualitas gambar dan mencegah konversi artefak. Konversi Scan meliputi:
- Symmetry Algorithm;
- Incremental Algorithm;
- Midpoint Algorithm, di dalam algoritma penggambaran lingkaran pada koordinat raster, misalkan pada suatu unit interval, sebelumnya kita harus menentukan posisi pixel yang paling dekat untuk menspesifikasi beberapa langkah pembentukan lingkaran yang diharapkan. Kita berikan radius r dan posisi tengah pixel (xc ,y c), kita dapat mengatur atau menentukan sesuai kondisi tertentu suatu algoritma perhitungan yang bertitik pusat pada koordinat origin (0, 0).
- Symmetry Algorithm;
- Incremental Algorithm;
- Midpoint Algorithm, di dalam algoritma penggambaran lingkaran pada koordinat raster, misalkan pada suatu unit interval, sebelumnya kita harus menentukan posisi pixel yang paling dekat untuk menspesifikasi beberapa langkah pembentukan lingkaran yang diharapkan. Kita berikan radius r dan posisi tengah pixel (xc ,y c), kita dapat mengatur atau menentukan sesuai kondisi tertentu suatu algoritma perhitungan yang bertitik pusat pada koordinat origin (0, 0).
0 komentar:
Posting Komentar